Just another WordPress.com site

Ga Usah Nanya!!!!!

malu bertanya sesat di jalan

itu pepatah kuno, tapi tetep manjur di jaman sekarang. misalnya pas travelling di tempat baru dan kita ga tau  arah, sangat dianjurkan buat nanya ke penduduk setempat. kalo malu nanya, mati aja!!! (haha, just kidding, rek). di kesempatan kali ini, aku mau bahas tentang tanya-menanya. bertanya merupakan kata kerja yang digunakan saat kita ga tau apa-apa dan butuh jawaban. ok? garis besarnya bertanya lah saat kita bener2 ga ngerti… contoh simpel,

Pak guru: ada yang ditanyakan?? (nah, si guru bener2 pengen tau, apa semua muridnya udah paham ato blom.)
murid: ada pak, bagaimana bisa teori peluang diterapkan dalam kasus togel? (mampus! si murid bener2 pengen tau tuh. hahaha)

nah kayak kasus simpel di atas, seyogyanya kita bertanya pas kita bener2 ga tau. karena kadang ada beberapa situasi yang ga butuh2 bgt buat tanya. misal, pas kita lagi niat bgt buat sedekah, ato ngasih sesuatu. bukan apa, ga etis aja, pas ada pengemis melintas di depan kita, ga mungkin bgt kan kita tanya, “pak, mau saya kasih uang ga?”
nah loh, kalo kalian jadi pengemisnya mau jawab apa?? aduh, pliss deh. mau ngasih, ngasih aja. ga usah nanya!!!!!
karena pada dasarnya kita, sebagai orang Indonesia, yang hidup di tanah Jawa, dan mau-gak-mau budaya sungkan masih terus melekat, tentu aja sebagai pihak dengan tangan di bawah akan merasa sungkan mau meng-iya-kan meskipun dalam hati pengen banget bilang IYA!

sama halnya dengan ketika kita lagi banyak uang trus pengen beliin adek, sodara, pacar, sepupu, temen, ortu, kakak, pakdhe, budhe, dll sesuatu, ga usah lah kalian tanya ke mereka, mereke mau dibeliin sesuatu sama kita ga??
langsung dibeliin knapa?? toh pada akhirnya bakalan diterima kok!!

ini contoh nyata, beberapa minggu yang lalu orang tuaku datang di pengajian 7 hari pakdhe, trus pas kelar ngaji, si keponakan ayah bilang ke ayah, “Lek, arep lontong kupang a??” automatically, ayah enggan. karena dia pikir, banyak tamu, sungkan, dan ga enak aja diliat orang, tamu2 belom pulang masa’ mau ditinggal makan….. lah di sini, aku menempatkan diri di posisi ayah (ga maksud subjektif loh) kalo mau beliin, ya langsung bliin aja, ntar kalo tamu-tamu udah sepi, kan dimakan. ga usah lah, pake tanya.

well, pokoknya kalo mau ngasih, beliin, dan mau berbuat baik apapun ke orang lain, ga usah pake tanya. langsung lakuin aja, ga ada salahnya kok. malah, kalo pake nanya, IMHO keliatan ga ikhlasnya.
Toh Tuhan juga ga pernah tanya ke kita apa kita mau hidup lama ga, kita mau pinter ga, kita mau kaya ga, kita mau sehat ga, dll…. dengan segala kemurahannya, Tuhan ngasih kita banyak hal, tanpa kita minta.

🙂Image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s