Just another WordPress.com site

aku ini apa??

Ya Allah, Ya Tuhanku….

Aku ini apa? Mengapa pikiranku sedemikian rumitnya untuk memikirkan aku ini apa||

Saat ini aku memang mengajar. Tapi aku enggan disebut sebagai guru!karena aku sama sekali tidak mau dipusingkan dengan hal-hal yang menyangkut struktur jabatan. Aku sama sekali muak dengan urusan birokrasi yang harus ini lah, harus itu lah, harus legalisir ini lah, harus legalisir itu lah, harus fotokopi ini lah, harus fotokopi itu lah, harus mengumpulkan ini lah, harus mengumpulkan itu lah.

Kalau sudah terkumpul, lalu mau apa?

Aku muak!

Lalu aku ini apa??

Aku memang sedang belajar di sebuah universitas, tapi aku juga sudah bosan dengan hal-hal yang berbau persyaratan. “kalau mau bisa itu, yan harus selesai ini.”, ”kalau mau mengambil itu, ya harus selesai ini.”, ”kalau mau melanjutkan itu, ya harus tuntas ini.”.

kalau tanpa itu ini, lalu mau apa?

Sekali lagi aku muak!

Lalu aku ini apa?

Aku sangat menyukai keindahan . apapun yang indah. Mulai dari puisi yang menggebu-gebu, sampai puisi yang mendayu-dayu. Aku suka! Asalkan indah. Namun aku bukan penyair, aku bukan pujangga. Lalu aku ini apa?

Aku suka berjalan, memandang alam sekitarku. Mulai dari perbukitan hijau dengan hawa dinginnya, sampai gemuruh ombak di atas birunya pantai dengan angina sepoi-sepoinya. Aku menyukainya. Aku sangat menikmati setiap perjalanan “pagi buta” ku. Setiap hari Senin dan Kamis, di atas bus antarkota. Aku menikmati angin fajar yang ku biarkan menerpa wajahku, dan mungkin saja, orang-orang bias menyebutku sebagai seseorang yang hidup lebih lama di jalan. Terus terang saja, aku banyak belajar dari alam, lingkungan, dan bahkan jalanan.

Banyak sekali keindahan ketika aku di jalanan. Potret wajak kelelahan, semangat dan wajah-wajah acuh menjadi pemandangan di bus antarkota yang ku tumpangi. Namun sayangnya, aku tak mampu untuk menuangkan segalanya di atas kertas, atau dalam selembar kanvas. Karena aku bukan seniman.

Lalu aku ini apa?

Aku juga gemar mendengarkan suara, nada, dan irama. Aku menikmati semua komposisi music, dari yang ringan, hingga yang berat. Semua aku suka. Asalkan tidak cengeng dan murahan. Aku gemar menghayati lagu, menelaah dan memburu keindahan makna dan amanat di setiap bait lagu, juga mengritisi nadanya. Aku mengagumi suara, nada, dan irama. Namun aku bukan musisi. Karena aku tak mengerti tempo, aku tak tahu overtone, dan aku tak kenal sinkopasi. Apa itu?

Aku tak tahu!

Lalu aku ini apa?

Aku suka berpikir. Memikirkan apa yang aku alami, dan apa saja yang aku lihat. Memikirkan apa saja sebelum terucap, agar aku tak pernah menyesali apapun yang telah aku ucapkan. Aku suka sekali berfilsafat. Memikirkan segalanya sampai ke akar. Menjadi lebih kritis dan peka dengan filsafat. Aku jufa mengagumi banyak filsuf dunia. Sokrates, Plato, Ibnu Rusd, dan masih banyak yang lainnya yang berani memperbaiki peradaban dengan pemikiran-pemikiran mereka yang cemerlang. Kadang aku mampu berdiam diri dalam gelap sampai larut, hanya untuk berpikir. Memikirkan segala persoalan hidup sampai ke akat. Namun sekali lagi, aku bukan filsuf. Aku masih tak mampu memperbaiki dunia dengan pemikiranku.

Lalu aku ini apa?

Aku suka bertindak sesuai keinginan hati, agar tidak membohongi diri sendiri. Aku teriakkan apa yang harus aku teriakkan. Dan aku pendam apa yang tidak boleh aku katakana. Aku berlari ke arah yang dipilih hati dan pikiranku, dan aku berhenti bila hatiku ingin berhenti. Tak ada yang salah. Semua berjalan selaras dan seimbang. Hati, pikiran, dan tubuhku berjalan seirama. Namun sayangnya, apa yang ku rasa benar, belum tentu benar menurut orang lain, aku menghela nafas, pasrah!

Aku benar. Menurutku. Tapi aku salah. Menurut mereka.

Aku salah. Menurutku. Tapi aku benar. Menurut mereka.

Lalu siapa yang bena? Siapa yang salah?

Lalu aku ini apa?

Apa ini aku?

Aku apa ini?

Aku ini apa?

Tinggalkan Balasan

